Pernah ngalamin?

Tadi, aku ngurusi STNK.
Heran. kok ya pajek abis pas mau lebaran… Untung banget dapet ‘zakat’ dari abang tersayang, jadi ya bisa lah bayar STNK.

Udah biasa sih, bertahun-tahun ngurus STNK sendiri. Tapi tadi itu, lucu juga kalau dipikir. Mereka ganti sistem ceritanya. (Sayang aku tadi gak berani motret, takut ditangkep polisi yang buanyak banget disana… ).

1. Ambil nomer
2. Ambil formulir di lantai 2, perpanjangan STNK beda sama pembuatan STNK… isi.
3. Turun ke lantai 1, cari tempat foto kopi …. fotokopi BKPB asli, KTP dan STNK.
4. Cari loket tempat narok berkas, which is nomer 1….jangan lupa kasih nomer yang tadi itu (langkah pertama). Nomer kan dapetnya dua. Harus dua. Satu dikasih ke loket 1, satu lagi dipegang. Gak boleh hilang.

5. Tunggu.
6. Dipanggil oleh loket 2, yang menyatakan bahwa “notice” (berapa musti bayar) sudah keluar/selesai untuk nomer itu.
(Disini terjadi error ‘lucu’ —pake tanda kutip soalnya menurut gw gak lucu sama sekali—-gw dipanggil tapi berkas gw gak ada !).
7. Begitu tahu harus bayar berapa, pindah ke loket 3 atau 4, bayar. Tunggu sampai dapet kembalian.
8. Tunggu.
9. Nanti di loket 5, muncul nomer mobil kita. Berdirilah kita, terima STNK baru. Cek dulu. Baru berangkat dari situ.

Not bad, sih. Proses dari langkah ke 1 sampai tuntas ke 9, sekitar 1 jam 10 menit. Nyampe di SamSat jam 07:55, keluar dari SamSat jam 09:05. Not bad, ‘kan?

Nah, yang lucu….setiap loket, mengumumkan pake pengeras suara !!
Jadi dari loket 2 kita denger suara sekenceng2nya bahwa “nomer …sudah selesai” (notice-nya) dan dari loket 5 kita denger suara lebih kenceng lagi bahwa “nomer mobil B anu-anu-anu sudah selesai” (STNK-nya).
Duh, untung gw gak autis. Bisa tantrum tuh !!!

🙂

2 thoughts on “Pernah ngalamin?

  1. ya gitu deh, lama2 cape dan bosen ngumumin, selanjutnya berbalas pantun untuk menghibur orang yang pade nunggu STNK nye yang lagi di proses.

    Tks, buat bu Ita, tlisan dan ulasannya sangar bermanfaat buat Saya.
    ( Iman Ilmu Amal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s