Berusaha terus….

Setiap lebaran, menjadi ‘tonggak’ dalam hidup kami berdua, dalam usaha untuk membuat Ikhsan makin mandiri. Kenapa lebaran? Kan libur lumayan panjang, dan gak ada asisten. Jadi, Ikhsan musti dibuat makin mandiri supaya hidup ibunya gak tambah puyeng dong…

Tahun ini, target adalah: tidur sendiri, urus diri sendiri, makan sendiri, dan…makin variasi makannya. Kalau soal makan, itu lebih kemandirian untuk ibunya. Sampai tahun lalu, ibunya masih cenderung panik setiapkali gak ada orang untuk disuruh masak. Maklum, ibunya gak jago masak, sementara si Ikhsan itu ‘kan gak mau makan makanan yang biasa kita makan. Boro-boro lah ketupat lontong dan teman-temannya. Lha wong nasi aja gak mau…

Tapi entah kenapa, tahun ini ibunya lebih percaya diri. Coba-coba aja, semur ayam-tahu, soto ayam-kentang-soun… Kok ya Ikhsan mau. Itu selain menu biasa ya, yang sayur rebus, sayur oseng, nugget ayam kentang goreng. Alhamdulillah, gak musti stres jajan terus2an gitu lho. Malahan, bisa bertiga jalan-jalan, karena Uti ‘kan sangat pede sekarang dengan walkernya. Jadi kemarin kita bertiga malahan dinner di kafe deket velodrome, Ikhsan makan spageti bolognaise, dan uti makan steak huwenak…

Kalau jalan–jalan, Ikhsan sih udah lama bisa mandiri.
Yang lucu, di kalibata dia sempet nyasar. Emang sih, kita beda rute. Jadi yang biasanya dari depan terus belok kanan dan naik bukit di kiri….kemarin itu rute nya agak muter, ngelewatin burung garuda dulu, belok kanan, sehingga bukit tempat makam kakung ada di sebelah kanan. Alhasil, karena di mind-map-nya Ikhsan bukit ada di sebelah kiri…maka dia naik ke kiri. HILANG lah anakku … Untung Bude Hani lihat, dan bilang, “Tuh Ikhsan salah!”…. Hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s