peran berganti-ganti ..

Sejak 1999 akhir, aku bekerja berdampingan dengan teman yang juga merupakan adik kelas di Psiko.UI. Adriana S. Ginanjar, atau biasa disebut Ina, menghubungi aku tengah tahun 1999 sesudah wafatnya Aty Zafar, sahabatku di komunitas autisme. Tujuannya menghubungi aku adalah untuk mengajakku membuat sekolah khusus untuk anak autistik, MANDIGA (mandiri dan bahagia).

Sejak itu, kami terus menerus berinteraksi, up and down, kadang menghadapi masalah bertubi, kadang penuh canda tawa, yang jelas…posisinya adalah: Ina pimpinan Mandiga dan aku anak buahnya.

Peran itu, diperkaya dengan kondisi sebagai ‘teman sesama orangtua anak autis’ dan ‘teman sejawat’ karena kami seringkali diminta untuk bicara di sebuah forum yang sama. Kadang malah tidak berbeda waktu, tetapi bersamaan waktu, dia dulu baru aku atau aku dulu baru dia. Biasanya sih forumnya berkaitan dengan dunia autisme.

Selain sebagai atasan-bawahan dan teman-sejawat, kami juga sehari-hari berperan sebagai ‘teman sepermainan’. Minat kurang lebih sama. Tuker-tukeran informasi tentang buku bagus, film menarik, gosip terbaru tentang artis atau teman, produk aromaterapi, dan yang jelas setiap hari Jumat pagi kami adalah teman yoga. Bersama-sama berusaha mencapai posisi tertentu di lantai rumahnya yang luas.

Ada satu lagi peran yang mulai semester ini cukup digalakkan. Peran apa? Dosen-mahasiswa. Ya. Ina adalah dosenku di program S2 Magister Psikologi Terapan Kesehatan. Mata kuliah yang dipegangnya adalah Psikologi Adaptasi Penyakit. Alhasil, dia ya mengajar aku macam-macam lah, dan aku sebagai mahasiswanya sering menahan geli karena memang suasana di kelas sangat informal dan banyak guraunya.

Hidup ini ternyata penuh warna.

3 thoughts on “peran berganti-ganti ..

Leave a Reply

