Makanyaaaa….. *huh*

Aku lagi ‘nulis’ buat tugas kuliah. Ceritanya, topik utama adalah ya si remaja-remaja autistik ini. Kok?
Ya kan lihat sehari-hari betapa makin bikin keriting bikin ubanan deh urusan sama mereka.
Jadinya bertebaran buku-buku di kamarku, bacaan-bacaan, semua tentang ‘mereka’…dan jelas, pikiran aku penuh sama permasalahan remaja. Selagi ngetik ngebut nulis itu, aku sempet mikir “aduh, syukur ya, remaja aku gak segitu repotnya”.

Benarkah?
Huh. Sok tahu.

1) Sabtu kemarin kan kuliah, terus pergi. Kemana? Hidih, mau tahu aja.🙂
2) Pulang minggu, masih usaha nulis. Gak kelar. Dadakan ditelpon temen yang anaknya (autis) dirawat karena DB. Udah nangis-nangis. Aku berusaha menenangkan, sambil janji besok pasti dateng.
3) Bangun senin pagi, ada yang ‘nagih’ ajak jalan2. Oke deh. Pergi jalan2 bentar. Pulang, dilempar daster dan handuk sama si remaja itu tadi (disuruh ganti baju cuci muka, dengan perkataan lain: STAY AT HOME!). Gak berapa lama ditelpon sama temen yang anaknya dirawat itu. Yo wis, aku ke rumkit di kelapagading… disana sampe sore. Sampe rumah, cuwapek, tapi berusaha nulis terus. Teteup topik sama. Remaja autistik yang membingungkan (!). Kecapekan, tidur.

4) Selasa seharian ke mandiga, dilanjutkan mengajar sampe jam 9 malam.

Sampai rumah, langsung berusaha memperbaiki hape yang kata gurunya “memorynya penuh”.
Selagi berusaha keras, ada remaja heboh buka2 mulut lihat sariawan, diobatin gak mau.

Tiba-tiba….melolong-lolong lah anakku. Ha? Ada apa? Diajak komunikasi gak mau, ditanya biasa gak mau, disuruh diam gak mau… huhuhuhuhu…. maka, terjadilah apa yang seharusnya tidak terjadi *sensor*…. (dan ibunya sangat menyesal).

Sesudah akhirnya lolongan berhenti (dilarang bertanya the how) jam 1 pagi, tidurlah semua.

5) Rabu bangun pagi2 banget. Dibangunin sama remaja yang ketawa-ketawa (duh, kenapa elo melolong sih taddiiiiii???), dan minta dicium. Ya udah. Baikan.
Cepet2 buka laptop. Ngetik lagi. Ambisi = nyerahin perbaikan hari ini di depok.

Di mandiga, kerja sambil ngantuk, dapet laporan: “Ikhsan males belajar” (yang sms gurunya). Lho, kok gak sms sendiri? Telpon gurunya dong… Aaarrrggghhhh….”hape gak bisa sms nih, mbak. Gak tahu kenapa.”
Ibu berusaha memandu guru supaya memperbaiki. Ikhsan tidak sabar. Ikhsan ambil alih hape lalu dimatikan. Lho?
Guru bertanya dengan tanya jawab tertulis, seperti ini:

Ibu Ida: “ikhsan mau sms ibu?” —— tidak
Ibu Ida: “lho, tadi mau sms kok gak jadi?” —- hp rusak
Ibu Ida: “ibu ida pinjam sebentar ya, dilihat?” — tidak
Ibu Ida: “nanti tidak bisa sms ibu?” —- BELI
Ibu Ida: “ikhsan mau beli hp baru?” —- YA.

Ibu Ida: “siapa yang beli hp baru?” —- dan dia pilih AYAH (dari pilihan ayah, ibu ita, ikhsan)
Ibu Ida: “untuk siapa?” —– IKHSAN.
*HAIYAAAA… hp dia kan komunikator! mosok minta hape baru, sih? buset, buset, buset… emaknya aja gak beli blackberry! (lho, apa hubungannya yak)*

Hhhuuu…
Jadi what’s the moral of the story?

Jangan soktahu gak punya masalah deh.
Jangan pernah berpikir “aduh, untung ya gw” tapi selalu bersabda “ya Tuhan, jauhkanlah saya dari masalah seperti mereka. Lindungi kami. ”

Kalo lagi CUWAPEK kayak aku semalem, jangan ngurusin anak yang lagi marah-marah deh. Diemin aja. Pasang kapas aja lah di kuping. Atau, pergi ke rumah orang lain untuk numpang tidur. Atau, check in di grand melia (*ngarep mode on*).

Jangan juga soktahu utak-atik hape kalo pengetahuan terbatas dan duit terbatas untuk beli yang baru. Jadinya kan seperti sekarang. Hp rusak, duit gak ada, anak ngambeg gak mau komunikasi.

*kalo ada yang punya hp bekas dengan keypad QWERTY, jangan ragu-ragu lho… terutama yang belum kasih hadiah Ikhsan ultah ke 18….atau, kasih hadiah ibunya juga boleh sih…bentar lagi kok* (LHO?)

-udah baikan sama anak remaja tapi teteup aja pusing tujuh keliling ngurusin hape-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s