Safari “busway” ramadhan (2)

Di Plaza Semanggi…aku giring dia ke Gramedia. Langsung deh dia ngilang. Tauk ah. Capek.
Ketemu lagi dia udah celingak-celinguk periksa-periksa…”ibu beli apa?”…waktu tahu aku beli kanvas, tempat cat, dan tempat ID baru, dia senyum-senyum…

Sesudah itu aku tanya, “Ikhsan mau makan?”…dia diam….seperti berpikir….dan lalu melangkah tegas ke…. Pizza Hut. Hehe… Makan dah dia, dan aku? Capek lah yaw…

Beberapa hal yang masuk ke dalam pemikiran sekarang, adalah:
1. Selalu periksa perlengkapan sehari sebelumnya.
Ada beberapa ketololan yang terjadi.
– ID Ikhsan, nomer telponnya salah total semua. Kan telpon aku ganti? Nah, disitu belum diganti !! Alhasil, kalau sampai dia hilang (amit-amit jabang bayi) ya gak bakalan ketemu kan??
– Batre tustel, abis. Persis sebelum berangkat. (sigh)

2. Selalu bawa peta busway di tas, atau setidaknya, hafal mati sebelum berangkat.
Jadi, tidak perlu terjadi ketololan seperti aku : turun di Matraman padahal mustinya di Dukuh Atas. Hehe…

3. Sedapat mungkin tidak melakukan perjalanan naik busway keliling Jakarta pada waktu bulan puasa.
They don’t match.
As simple as that. (Cuwapek hoy!).

4. Berdoa sepanjang perjalanan agar semua orang berpakaian sopan dan tidak peduli pada suara-suara yang dikeluarkan anak-anak kita.
Tahun lalu, Ikhsan juga ajak aku jalan-jalan naik busway. Tapi tahun lalu, ada insiden. Di salah satu koridor, naik perempuan berbaju cihuy, dan duduk di sebelah aku (yang duduk di sebelah Ikhsan). Ikhsan berulangkali senyum menengok ke arah dada berbaju cihuy tersebut, dan setiap dilarang hanya tersenyum menoleh ke arah lain untuk kemudian segera menengok kembali menjarah pemandangan tersebut…
Tahun ini, alhamdulillah…semua orang berbaju sopan. Sigh.
Kalau suara suara yang dikeluarkan Ikhsan dalam bentuk senandung berbagai lagu…ya otomatis dilihatin orang lah.. Tapi seperti biasa, ibunya kan punya cara jitu untuk membuat orang-orang berhenti menatap.
Cara jitu apa?
“San, diam nak. Dilihatin orang tuh”….dan orang-orang yang ngliatin, langsung cepet2 buang muka. Malu. Ketahuan ngliatin. Hehe….

5. Selalu usahakan untuk tidak makan sembarangan sedari sehari sebelum perjalanan bersama anak autis.
Aku kan punya penyakit pencernaan. Kalau ada ingredient yang ‘aneh’, pastinya perut berontak. Nah, semalemnya buk-ber sama temen, makan makanan Jepang. sausnya mungkin ada cuka atau apa lah.. sehingga pada saat naik turun tangga busway yang begitu tinggi dan panjang, ususku dalam keadaan makin kram makin kram sehingga perut melilit amit-amit jabang bayi…
Gak boleh!
Pendamping anak autis di jalan raya, gak boleh gak sehat !!

6. Selalu siapkan peraturan segambreng sebelum berangkat. Lengkap dengan ultimatum konsekuensi maksimal. Works !

Kontrak.

So…gimana jadinya?
Perbaiki kesalahan dan kekeliruan yang terjadi. Buat persiapan lebih matang.
Next time better…
Harus dong. Siapa yang tidak senang melihat wajah dia yang sumringah terus menerus dari sebelum berangkat sampai jauh sesudah ia pulang?? Itu reward yang tidak terhingga lah !

3 thoughts on “Safari “busway” ramadhan (2)

  1. So sweeet….

    Tidak ada hadiah terindah dan membahagiakan bagi seorang ibu, selain kemajuan dan perkembangan putra/i nya. Apapun dia bagaimanapun dia….

    Doaku.. untuk ikhsan….semoga ia akan selalu dapat membahagiakan hati ibunda tercintanya… di dunia dan menjadi pembuka pintu surga diakhirat, karena amalan dan kasih ibunda pada ananda Amin

  2. wah, jadi nggak ketemu yang berbaju cihuyyy lagi ya mbak

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
    Taqoba lallahu minnaa wa minkum
    Shiyamanaa wa shiyamakum
    Minal ‘aidin wal faizin
    Mohon maaf lahir dan batin
    salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s