Idealisme?

Ketika terjadi begitu banyak hal dalam kehidupanku yang membuat perasaan tidak nyaman menjadi-jadi, berminggu-minggu aku berdiskusi dengan Sam.

Begitu banyak aspek yang menjadi pembahasan, berkali-kali kami tidur pagi karena pembahasan menjadi makin hangat dan alot, beberapa kali pembicaraan terhenti begitu saja karena tangisan ku yang makin membahana membuatnya terdiam tanpa kata… Akhirnya diskusi berakhir begitu saja, ditutup dengan lenguhan lelah ku, dan pelukannya yang penuh pengertian…

Sesudah berulangkali dibahas, akhirnya dengan berat hati aku memutuskan untuk berhenti bergabung di sebuah perkumpulan yang sudah lama sekali aku ‘motori’. Konsultasi dengan pihak ke tiga berulangkali dilaksanakan. Kuncinya hanya satu. Aku tidak merasa nyaman lagi.

Lalu, mulailah aku mengirimkan surat berhenti ke beberapa pihak.

Lalu, mulailah ada balasan berbentuk pertanyaan … “kenapa?” …”aduh, ada apa?”… atau bahkan, beberapa orang bahkan tidak bereaksi sama sekali. Seolah aku bahkan tidak pernah kirim apapun.

Bagaimana menjelaskan ketidaknyamanan karena melihat begitu banyak hal yang tak sejalan dengan hati nurani? Neranginnya gimana?? Mulai dari mana?? Bukannya situ juga sebenernya mengalami hal yang sama? Lah kalau situ gak merasa “gak nyaman”, kan artinya, situ baik-baik saja dengan keadaan yang seperti itu. Nah, gimana neranginnya???

 

Akhirnya… aku cuma bilang, ‘tanya sama Sam aja, deh… ini udah dibahas berbulan-bulan, kok’.. sementara si pak Sam cuma senyum dan jawab “Ita sudah tidak nyaman”.

🙂

2 thoughts on “Idealisme?

  1. Slamet Widodo says:

    Idealis[t] selalu adalah orang asing bagi kelompok pragmatisme praktis. Meskipun tidak sekaliber Bu Ita, saya sering merasa tertikam dari belakang ketika orang-orang terdekat tiba-tiba menjadi begitu pragmatis dan begitu mudahnya mengikuti arus perubahan yang (biasanya) bermuara pada tujuan-tujuan praktis .. ekonomi[s].

Leave a Reply

