Misteri Hidup (2)

Esoknya, Senin, kami berdua makin berusaha menjaga segala sesuatunya agar ‘biasa-biasa’ saja.

Ketika Isam bersiap berangkat ke Bandung seperti biasa, pamitnya juga biasa, dan aku juga mengantar kepergian dengan gaya ‘biasa’. Aku paksakan diriku bangkit dari tempat tidur, mandi, dan membantu mengawasi Ikhsan mandi seperti biasa.
Bahkan aku memaksakan diri untuk duduk di garasi dan bertukar pikiran dengan para pengawal bis sekolah Ikhsan….seperti biasa. Aku berusaha membuat Ikhsan melihat, bahwa, “Ibu baik-baik saja, nak”….

Begitu Ikhsan berangkat, aku segera naik ke tempat tidur lagi. Aku tidak mau terjadi masalah dengan luka dalam akibat operasi besarku hari Rabu lalu. Belum seminggu, bo! Aku tidak mau ada komplikasi. Aku mau segera pulih, segera bisa lincah, agar keluarga kecilku, bisa menjalankan kehidupan yang penuh misteri ini, dengan ‘biasa-biasa’ saja…

Tapi aku segera komunikasi dengan kepala Sekolah Ikhsan, dengan guru kelas Ikhsan… Aku butuh bantuan..
Ternyata oh ternyata.
Kepala Sekolah Ikhsan yang juga baru diopname, punya cerita sama. Putrinya, dewasa autistik, juga menampilkan luapan emosi ketika ibunya masuk rumah sakit. Bahkan ia sampai menangis tersedu di sekolah. Alamaaakkkkk….

Siang harinya, cerita dari guru Ikhsan memperkuat dugaan kami, bahwa ia memang sedang sangat galau dengan berbagai hal yang terjadi di rumah kami selama sebulan dua bulan terakhir ini…

IMG-20150706-WA0013 - Copy

IMG-20150706-WA0012 - Copy

Aku harus menata sikap, menata diri, dan menata kata.

Harus tetap konsisten status pemulihan dan tidak banyak gerak, tetapi memberikan kesan “biasa-biasa” saja kepada Ikhsan.
Ya ampun! Bagaimana mungkin?

Leave a Reply

